Memperingati Dies Natalis Fakultas Hukum Unsrat, Ketua KPK-RI Berikan Kuliah Umum

2

Manado-

Sejumlah kegiatan diselenggarakan Panitia Dies Natalis Fakultas Hukum Unsrat Tahun 2023 yang diketuai Toar Palilingan, SH, MH. Satu di antaranya adalah Kuliah Umum dari Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPR-RI) Komjen Pol. Purn. Drs. Firli Bahuri, M.Si.

Ribuan civitas akademika Fakultas Hukum Unsrat, Rektor Unsrat, Wakil-wakil Rektor pimpinan lembaga Unsrat, para Dekan se-Unsrat, alumni Fakultas Hukum Unsrat dan sejumlah undangan lainnya hadir pada kegiatan yang diadakan baik secara tatapmuka di lantai 12 fakultas maupun secara daring/zoom.

Materi yang dipaparkan Ketua KPK-RI ini dengan topik Pendidikan Anti Korupsi. Hal-hal terkait dengan Budaya Anti Korupsi seperti langkah-langkah yang sudah dibuat KPK-RI, rencana-rencana strategis dalam kaitannya dengan upaya pemberantasan korupsi  serta bagaimana keterlibatan masyarakat dalam ikut memberantasnya serta membudayakan anti korupsi dipaparkan mantan Kapolda NTT ini disertai contoh-contohnya.

Pemaparan materi dilakukan Bahuri di dampingi Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexnader Sompie, M.Eng, IPU dan Dekan Fakultas Hukum Unsrat Dr. Emma VT Senewe, SH, MH sedang pemandunya adalah Wakil Dekan Fakultas Hukum Bidang Akademik Dani Robert Pinasang, SH, MH.

Menariknya, sejumlah penggalan lagu Hymne Unsrat, diungkapkan Bahuri menjadi hal penting dalam kerangka pendidikan anti korupsi dan membangun budaya anti korupsi.

Sebelum pemaparan materi kuliah umum, Rektor Unsrat memberikan sambutan yang diawali dengan menjelaskan adanya alumni Unsrat Manado yang menjadi salah satu Wakil Ketua KPK-RI yakni Nawawi Pomalango.

Prof. Sompie menyampaikan terima kasih atas kehadiran Komjen Pol. Purn. ke Fakultas Hukum Unsrat. “Terima kasih atas kehadiran Ketua KPK-RI Komjen Pol. Purn. Drs. Firli Bahuri untuk memberikan Kuliah Umum dengan materi Pendidikan Anti Korupsi dalam rangka Dies Natalis ke-65 Fakultas Hukum Unsrat.

Selanjutnya, Prof. Sompie memaparkan visi dan misi Unsrat serta potensi/keberadaaan Unsrat saat ini.

Prof. Sompie mengungkapkan, perguruan tinggi merupakan salah satu kawah candra di muka untuk menghasilkan para calon pemimpin bangsa, tempat di masa generasi-generasi terpilih menempah diri termasuk dalam pembentukan karakter pemimpin bangsa yang perlu dibekali dengan pendidikan anti korupsi.

Hal ini, menurut Rektor agar kampus dapat menjadi pelopor pembaharuan karakter pemimpin bangsa yang mampu melahirkan pemimpin yang bersih dalan pemerintahan yang clean ans good governance.

Di penghujung kuliah umum, Ketua KPK-RI dan Rektor Unsrat bertukar cenderamata. Setelah itu, Ketua KPK-RI membuka Kejuaraan Catur Terbuka memperingati Dies Fakultas Hukum Unsrat yang digelar di halaman fakultas.(CM)