Manado, CorongManado.com-Salah satu Tim PKM dari UNSRAT yang diketuai Dr. Joubert Maramis bersama dengan Ferdy Roring, SE., MM dan Dr. Ivonne Saerang melakukan pengabdian masyarakat kepada mahasiswa dengan memberikan pemahaman  Mahasiswa yang putus studi (DO atau mengundurkan diri), sangat disayangkan karena akan berdampak negatif baik bagi mahasiswa itu sendiri maupun secara institusi. Dr. Joubert Maramis yang juga adalah Wakil Dekan 2 di FEB UNSRAT menambahkan “Memang banyak factor yang menyebabkan mahasiswa tidak mampu menyelesaikan studi sarjana ekonominya di FEB. Faktor ini kebanyakan adalah factor internal dari mahasiswa tersebut”.

“Dan Salah satu factor adalah ketidakmampuan mahasiswa dalam memanajemen atau mengelola studinya. Kemampuan dalam mengelola studi di FEB, butuh suatu strategi yang diterapkan sejak mahasiswa masuk kuliah. Apabila mahasiswa memiliki strategi  maka kebanyakan mereka akan lulus tepat waktu. Ketidaktahuan terhadap strategi atau kiat kiat sukes belajar di PT akan memberikan kontribusi signifikan pada molornya (tidak tepat waktu lulus) mahasiswa di FEB. Apalagi saat ini terjadi pandemic Covid-19, yang merubah secara signifikan pola dan strategi belajar yang berbasis on line” Tambah Joubert Maramis

Adapun pelatihan ini diberikan secara daring via aplikasi zoom, dan Dari hasil diskusi, dampak dari pelatihan ini adalah : (1) Mahasiswa memiliki tambahan pengetahuan terkait Lingkup strategi sukses belajar di perguruan tinggi, Apa tujuan kuliah, Konsep kampus merdeka dan merdeka belajar, Keahlian keahlian yang harus dimiliki oleh mahasiswa, Manajemen waktu, Manajemen stress, Keahlian manajerian, Metode belajar mandiri dan Motivasi diri. (2) Mahasiswa memiliki kesadaran bahwa untuk sukses belajar di perguruan tinggi, harus mampu mengelola waktu, tenaga dan pikiran mereka sejak awal masuk di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSRAT. (3) Mahasiswa memiliki arah tentang hakikat kuliah S1 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSRAT, yaitu menimba ilmu, meningkatkan kompetensi pribadi dan memperbaiki karakter atau kepribadian sebagai mahasiswa yang baik dan unggul.