Fabio Quartararo, Juara Dunia Baru MotoGP

0
292

SIRKUIT Misano, Italia, CorongManado.com, Minggu, 24 Oktober 2021, cukup mendebarkan. Balapan seri MotoGP Emilia Romagna hanya tinggal tersisa lima putaran. Ada gap yang terlalu jauh antara Francesco “Pecco” Bagnaia (Ducati/Italia) dan Fabio Quartararo (Yamaha/Perancis). Bagnaia masih memimpin di posisi pertama, sedangkan Quartararo tercecer di posisi kelima.

Bagnaia menjadi satu-satunya pebalap yang masih memiliki peluang menggagalkan kesempatan Quartarato jadi juara dunia. Sebelum balapan di Emilia Romagna, Quartararo memimpin klasemen dengan koleksi 254 poin. Bagnaia ada di posisi kedua dengan 202 poin. Dengan gap 52 poin, Quartararo mau tak mau harus finish di depan Bagnaia apabila ingin mengunci gelar juara dunia di seri Emilia Romagna.

Namun, jalannya balapan awal tampak membuat Quartararo sulit untuk mewujudkannya, hingga tiba-tiba sebuah kejadian tak terduga dialami Bagnaia. Saat akan melibas tikungan 15 di lap 23, Bagnaia tergelincir. Motor balapnya meluncur dan menghantam gravel. Kondisi tersebut membuatnya gagal melanjutkan balapan. Jatuhnya Bagnaia langsung disambut suka cita para kru di paddock tim Yamaha. Suasana sebaliknya terjadi di paddock Ducati. Para kru pabrikan asal Italia itu terlihat kecewa saat melihat pebalap andalannya terjatuh.

Gagalnya Bagnaia melanjutkan balapan otomatis membuat Quartararo memastikan gelar juara dunia. Perolehan poinnya tak mungkin lagi terkejar karena musim balap 2021 tinggal tersisa dua seri. Quartararo pada akhirnya mengakhiri balapan seri Emilia Romagna dengan finish keempat. Hasil tersebut membuat pebalap berjuluk El Diablo berhasil memperlebar gap dengan Bagnaia di klasemen menjadi 65 poin. Sejarah pun mencatatkan fakta baru. Untuk pertama kalinya dalam satu dekade, juara dunia MotoGP jatuh ke pebalap yang bukan berasal dari Spanyol. Setelah Casey Stoner (Australia) pada 2011, praktis tak pernah ada lagi pebalap non-Spanyol yang menguasai singasana tertinggi MotoGP hingga akhirnya Quartararo berhasil melakukannya pada tahun ini.