Terkait Lambatnya Pembayaran Gaji THL, Assa: Bukan BKAD Tapi SKPD 

0
278

Manado, Corongmanado.com
Sering terdengarnya keluhan dari THL (Tenaga Harian Lepas), terkait terlambatnya pembayaran gaji dengan informasi bahwa Badan Keuangan yang menghambat. (Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah) BKAD Kota Manado Peter K.B. Assa angkat bicara, Rabu (23/02) di ruangan kerjanya

Saat di wawancara Assa Mengatakan, Jadi jika ada informasi mengenai keterlambatan ada pada BKAD menyangkut pembayaran gaji THL maupun pencairan anggaran lainya itu bohong belaka. 

“ini selalu tertuju ke Badan Pengelola Keuangan. Padahal sebenarnya ada pada Satuan Kerja Perangkat (SKPD) masing-masing. Selama ini, Saya selaku kepala Badan hampir setiap hari banyak sekali berkas yang sudah di Approved tidak ada yang terlewat sama sekali. Kita harus maklumi sejak sistim berpindah dari SIMDA berganti menjadi SIPD banyak operator SKPD masih belum menguasai, makanya kami sudah adakan bimtek biar mereka paham betul dan mengusai cara mengoperasikan SIPD.” Ujar Assa.

Sambungnya, secara terperinci permulaan proses penganggaran dimulai dari memasukan data-data program kegiatan.

“sesuai dengan prosedur penyusunan dokumen perencanaan mulai dari musrembang RKPD rencana kerja anggaran KUAPPAS RAPBD dan ditetapkan tahun berikut pelaksanaan anggaran diterbitkan. Dokumen pelaksanaan anggaran SKPD masing-masing secara umum ketika program sudah tersusun rapih maka akan segera direalisasikan, tentunya harus sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku.” Pungkas Assa.

Ditambahkannya lagi, Sebab sekarang pemerintah telah memakai sistim namanya Sistim Pembangunan Daerah (SIPD). 

“Sistem inilah akan mengatur proses pemberkasan pengajuan permintaan anggaran ke badan keuangan. Sejak berkas masuk hingga verifikasi sampai pada penerbitan Surat Permintaan Pencairan Dana (SP2D) dan Surat Perintah Membayar (SPM), semuanya terkontrol dari sistim SIPD.” Tutup Assa.(kison)