CorongManado.com, Manado – Rukun Kayuuwi di Manado dan sekitarnya mengadakan perayaan ibadah paskah pada Sabtu (7/5/2022).

Perayaan Paskah Rukun Kayuuwi ini diawali dengan ibadah yang dipimpin Ketua BPMJ GMIM Haleluya Kayuuwi sekaligus Ketua BPMW Kawangkoan Pdt. Garriet Mawa-Sigarlaki, M.Th. Adapun perayaan Paskah ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) Asiano Gamy Kawatu SE, MSi dan diadakan di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, Pdt Garriet Mawa berkhotbah tentang kemenangan Yesus atas maut yang menjadikan umat percaya semangat dalam bekerja baik dalam tugas pelayanan maupun tanggung jawab pekerjaan sehari-hari.

“Perayaan Paskah adalah kemenangan berbagai tantangan dan pergumulan seperti dialami Elia yang sempat jatuh pada titik lemah tapi Tuhan selalu siapkan sesuatu yang indah pada kita,” ujarnya.

Sementara Sekdaprov Gamy Kawatu selaku Penasehat Rukun menyampaikan silsilah dan latar belakang beliau sebagai orang Kayuuwi dimana opanya Pendeta/Penglong A. Watung berasal dari Kayuuwi dan tentu ada hubungan emosional dekat dengan orang kayuuwi apalagi ketika di tahun 80-an ber-KKN di sana.

Sekdaprov juga mengajak agar ajaran-ajaran serta filosofi yang disampaikan oleh para orang-orang tua Kayuuwi tetap dipegang teguh.

“Salah satu yang saya ingat ajaran dari opa saya bahwa menjadi orang penting itu baik, tetapi menjadi orang baik jauh lebih penting dari itu semua. Artinya jadilah orang penting dalam segala hal tanpa menyalahi apa yang Tuhan kehendaki. Selain itu pendidikan yang baik menjadi hal sangat penting untuk anak cucu kita,” pesan Kawatu.

“Kekuatan orang Kayuuwi yakni kebersamaan karena kuat membangun, saya bisa jadi seperti ini banyak dibantu orang-orang Kayuuwi terutama saat KKN selama lima bulan di sana. Saya pelajari orang Kayuuwi suka saling membantu, ini mengindikasikan akan kebaikan dan kesederhanaan orang Kayuuwi itu ada,” tambah Birokrat Senior Pemprov Sulut ini juga mengingatkan soal kebersamaan yang sangat melekat dan dimiliki dimiliki oleh orang-orang Kayuuwi.

 

Kawatu diakhir sambutan menyampaikan terima kasih, yang sudah mempercayakannya sebagai penasehat dan berpesan kerukunan harus tetap kita jaga bersama.

Dalam ibadah ditampilkan musik kolintang dan semua pengurus/rayon diperkenalkan oleh Penasehat Rukun Kayuuwi Ricky Lintang. Kegiatan diawali ucapan selamat datang oleh Sekretaris Panitia Deine Rondonuwu

dan dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia Janetta Lapian. Adapun ibadah paskah dirangkaikan dengan lomba baca Alkitab bahasa Toutembouan, kemudian nantinya digelar Festival Kolintang dan Maengket di Kayuuwi.

Adapun ibadah perayaan Paskah ini dihadiri oleh sekitar 150-200 orang Kayuuwi yang sudah ditinggal di Manado dan sekitarnya, diantaranya adalah Penasehat Rukun al. Ir. Marhany Pua, Glady N.L Kawatu, Ricky Lintang, Ketua Lansia GMIM Haluluya Kayuuwi Ritje Watung- Rembet dan pengurus, Ketua BPD Kayuuwi dan Kayuuwi Satu serta para tokoh masyarakat lainnya.

Adapun susunan pengurus inti rukun kayuuwi yang telah di lantik pada bulan Januari 2022 di Gereja GMIM Haleluyah Kayuuwi adalah: